Universitas Mulawarman sebagai salah satu LPTK penyelenggara SM3T dari 17 LPTK se-Indonesia Melaksanakan SM3T Angkatan V Tahun 2015. Untuk Angkatan V Tahun 2015 ini Universitas Mulawarman menerima 25 orang dari 168 peserta yang mendaftar tes. Peserta SM3T Universitas Mulawarman ini akan di tempatkan di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Peserta SM3T nanti akan diberangkatkan ke Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 18 Agustus 2015.

Sebelum pemberangkatan, peserta terlebih dahulu mengikuti Prakondisi selama 15 hari dari tanggal 03 Agustus 2015 sampai dengan tanggal 17 Agustus 2015. Materi Prakondisi terdiri atas materi akademik dan non akademik sebagai bekal bagi peserta untuk menjalani pengabdiannya di daerah sasaran. Peserta juga mendapat pembekalan dari TIM BKKBN Kalimantan Timur, Kejagung RI, dan dari Dinas Pendidikan daerah Sasaran. Materi prakondisi Akademik disampaikan oleh Instruktur dari Universitas Mulawarman yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sedangkan materi non akademik disampaikan oleh unit terkait yang ada di Universitas Mulawarman (seperti Unit Pramuka dan KSR).

 

Prakondisi SM3T Angkatan V universitas Mulawarman dilaksanakan di lokasi sekitar sekretariat UPT PPG Universitas Mulawarman di Kampus FKIP Jl. Muara Pahu Gunung Kelua Universitas Mulawarman.